Kiat Alloh dalam Mengabulkan Doa Hamba-Nya

Kiat Alloh dalam Mengabulkan Doa Hamba-Nya


Alloh pasti menjawab doa hambaNya. Namun, banyak orang yang merasa doanya tidak terkabul. Padahal memang Alloh swt  dalam mengabulkan doa itu beraneka ragam caranya. Apabila hal ini disadari, barangkali tidak ada orang yang merasa kecewa karena doanya tidak dikabulkan seketika.
Berikut ini cara-cara yang diterapkan Alloh swt dalam menjawab doa hamba-Nya:
 1. Doa ada yang langsung dikabulkan sebagaimana dikehendaki si pemohon, namun ada kalanya ditunda. Sebuah hadits menjelaskan yang artinya:
"Tidak ada bagi seorang muslim yang menghadapkan wajahnya untuk berdoa kepada Alloh kecuali Alloh swt akan mengabulkannya, kadang dipercepat kadang ditunda.(HR. Ahmad dan Hakim)

2. Adakalanya Alloh swt tidak mengabulkan permohonan kita, karena kalau dikabulkan justru akan membawa madharat (bahaya).
Hal ini karena boleh jadi yang kita anggap baik dan kita mohon kepada-Nya justru bukan hal yang baik. Al Qur’an menyebutkan:

كُتِبَ عَلَيْكُمْ الْقِتَالُ وَهُوَ كُرْهٌ لَكُمْ وَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوْا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَعَسَى أَنْ تُحِبُّوْا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ وَاللهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لاَ تَعْلَمُوْنَ 

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu. Dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Alloh Mengetahui sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al Baqarah: 216)

3. Di dalam mengabulkan doa kadang Alloh swt memberikan kebaikan lainnya yang sepadan dengan doa tersebut.
4. Doa itu tidak dikabulkan tetapi diakui sebagai ibadah yang akan diberikan pahalanya kelak di akhirat.
5. Di dalam mengabulkan doa hamba-Nya ada yang dengan cara menjauhkan dari kecelakaan atau keburukan yang seimbang.

6. Doa tidak langsung dikabulkan bisa jadi karena Alloh sedang menguji keimanan kita. 
7. Doa tidak terkabul karena salah si pemohon sendiri.

 Suatu keadaan yg sering kita alami, bahwa do'a yg selalu kita panjatkan adakalanya masih tertahan dan belum terwujud. Hal tersebut kadang memicu timbulnya pemikiran bahwa Alloh tidak adil. Seolah hal ini kontradiksi dengan janji-Nya,
"...Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu..." (QS. Al-Mu'min: 60)
Sebentar, coba kita pahami lebih jauh.

Saya analogikan seperti ini, jika kita meminta cahaya matahari diwaktu malam tentu hal ini mustahil. Malam tetaplah malam dan kita dituntut bersabar hingga fajar menjelang.

Senada dengan do'a yg kita panjatkan, Alloh telah menentukan segala hal ihwal hamba-Nya. Setiap kejadian telah ditetapkan dengan baik dan tidak ada yg sia-sia tanpa tujuan. Jika masih ditangguhkan, percayalah Alloh menghendaki kebaikan bagi kita. Bukankah kita sudah diingatkan,
"..boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu. Dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Alloh mengetahui sedang kamu tidak mengetahui.." (QS. Al-Baqarah: 216)

Sikap ridho dan sabar atas ketentuan Alloh merupakan suatu keharusan karena hal tersebut merupakan salah satu manifestasi iman dalam diri kita.
"Hai orang-orang yg beriman, jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Sesungguhnya Alloh beserta orang-orang yg sabar." (QS. Al-Baqarah: 153)

Dalam hal ini, patut sekiranya kita merenungkan kalam Ibnu Athaillah dalam Hikam nya,
"Jangan menuntut Tuhan karena terlambatnya permintaan yg kau panjatkan, hendaknya kau koreksi dirimu dan tuntut dirimu supaya tidak terlambat melaksanakan kewajiban-Nya."

Poinnya, Orang hidup tidak hidup dari perencanaan tentang hidup.
Orang hidup itu dihidupkan, jadi hidup tergantung pada yang menghidupkan. Sekali lagi tanpa mengkerdilkan segala usaha kita.
Inilah yg kemudian dalam falsafah jawa dikenal dengan istilah 'nrimo ing pandum.'
Name

berita aswaja,1,Download Sholawat Mp3,3,Fadilah Ibadah,5,fiqh pemuda,1,Lirik Sholawat,61,Nasihat,42,pilihan,47,Sholawat,12,
ltr
item
Haedar Alwi Assegaf: Kiat Alloh dalam Mengabulkan Doa Hamba-Nya
Kiat Alloh dalam Mengabulkan Doa Hamba-Nya
Kiat Alloh dalam Mengabulkan Doa Hamba-Nya
https://3.bp.blogspot.com/-3vKriBlSMfw/WAD4yH8sK1I/AAAAAAAAADM/Z4Twe1D5pRUiFYtUWN5SqBav5lH0CAeTACK4B/s400/12208833_1103424216334615_3397919462588998263_n.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-3vKriBlSMfw/WAD4yH8sK1I/AAAAAAAAADM/Z4Twe1D5pRUiFYtUWN5SqBav5lH0CAeTACK4B/s72-c/12208833_1103424216334615_3397919462588998263_n.jpg
Haedar Alwi Assegaf
http://www.haedaralwi.com/2016/10/kiat-alloh-dalam-mengabulkan-doa-hamba.html
http://www.haedaralwi.com/
http://www.haedaralwi.com/
http://www.haedaralwi.com/2016/10/kiat-alloh-dalam-mengabulkan-doa-hamba.html
true
7563302397325140630
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy